Kamis, 08 November 2012

Nikmatnyaaaa Jadi Pustakawan...

Menjadi pustakawan tidak pernah terbayang dalam benakku waktu dulu. Dulu cita-citaku barangkali cita-cita yang sama dimiliki oleh kebanyakan anak-anak, yaitu ingin menjadi guru.... lalu ingin menjadi hakim, dsb.  Perkenalanku dengan perpustakaan sebenarnya tatkala masih sekolah di MTs, Alyah, sampai aku kuliah. Betapa waktu itu aku sangat tergantung pada perpustakaan. Maklum... sebagai orang kampung yang pingin baca namun tidak punya duit untuk beli buku, maka perpustakaanlah yang menjadi tujuanku mencari buku.

singkat cerita, aku kini bekerja di perpustakaan sudah 12 tahun. Bukan waktu yang singkat sebenarnya, namun aku selalu saja merasa baru menjadi pustakawan. Mungkin ini karena aku merasa belum banyak yang aku tahu, aku lakukan, dan aku  share-kan kepada orang lain. "Jadi pustakawan kok gak pinter-pinter ya", gumamku. Namun justru karena inilah yang membuat aku menjadi menikmati sebagai "pustakawan". menjadi pustakawan membuka peluang untuk bisa terus belajar dan belajar. banyak hal yang bisa aku baca di perpustakaan. Di samping belajar, tentu memberi pelayanan, karena ini adalah tugas utamaku. ternyata melayani para pemustaka, kalau dinikmati banyak hikmahnya. Pertama, tentu harus selalu introspeksi terhadap pribadi dan performanceku. Ini tidak gampang lho... Aku harus sering bercermin tuk mengetahui sejauh mana senyumku terlihat alami namun menentramkan. Pernahkah ini Anda lakukan teman?  Kedua, aku harus selalu meng-update pengetahuanku, terutama tentang perpustakaan, komunikasi, dan psikologi. Rasanya senang sekali bila ada pemustaka yang menanyakan sesuatu, apapun itu, apalagi kalau pertanyaannya rumit. Apalagi, kalau pemustaka akhirnya bilang "terima kasih Bu, sudah ketemu yang saya inginkan". Terakhir, aku ingin berbagi keterampilan yang aku miliki. Walaupun keterampilan ini masih jauh dari sempurna, namun harus di-share-kan kepada orang lain.  Keterampilan yang kumaksud adalah keterampilan tentang literasi informasi. Wouw... Jadi, gimana dong caranya? Ya belajar dan terus belajar dooonk... He he he... Yuk kita belajar....
Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar